Jadi Pengusaha? Jangan…Jika Anda Takut Gagal

Jadi pengusaha memang impian banyak para karyawan atau eksekutif yangmasih bekerja sekarang.  Banyak orang di Indonesia yang menginginkan kemewahan dan kenikmatan hidup jadi pengusaha. Antara lain rumah mewah, mobil yang terbaru, berpelisir keluarga negeri dan mempunyai barang bermerek yang identik dengan simbol kesuksesan. Tetapi, itu merupakan akibat, proses menjadi pengusaha butuh komitmen yang tinggi dan pengorbanan.

Di awal karir saya jadi pengusaha, terkadang banyak orang yang memberikan advice tanpa mengerti target saya dan visi bisnis saya sehingga tidak memberikan saya ‘added-value’. Sering kali, saya frustrasi dengan problem terbesar di bisnis yaitu kita tidak konek dengan apa yang pasar inginkan. Ketika saya mengembangkan bisnis kuliner 10 tahun silam, awalnya tidak jalan. Setelah memikirkan lebih dalam lagi, saya menemukan ‘AHA’ besar yaitu menu dan porsi makanan yang disajikan tidak sesuai dengan strategy pricing sehingga berdampak terhadap omset.

Gagal di beberapa bulan pertama tidak menyurutkan saya untuk melakukan innovasi dalam memasarkan bisnis saya. Dengan berbagai perbaikan dari segi menu, porsi dan service membuat bisnis resto saya mengalami peningkatan sales sebesar 230% dalam kurun 90 hari.

Dalam membantu jadi pengusaha selama 6 tahun ini, saya bertemu dengan beberapa pengusaha yang terlalu cepat menyerah dan menyalahkan situasi dan kondisi sekitar. Jarang sekali yang bertanya kepada dirinya sendiri tentang apa yang bisa di improvisasi untuk membalikkan keadaan yang terpuruk menjadi ‘profitable’. Kata Donald Trump, ‘you have to be the right person to be successful’ dan kata-kata ini menginspirasi saya untuk bangkit ketika saya frustrasi dalam mengdongkrak sales bisnis saya.

Ini waktunya untuk mencari innovasi terhadap bisnis anda dan terkadang anda membutuhkan masukan dari luar untuk melihat ‘blind spot’ itu. Ketika kita belum mencapai target bisnis kita, mungkin ada sesuatu yg tidak jalan yang membutuhkan extra attensi kita. Seorang Mentor Bisnis akan membantu anda untuk melakukan terobosan bisnis sampai sukses.

Sumber: www.BenAbadi.com

Share